Layanan konsumen

0804-1-889-889

SMS

0815-112 99999

Email

customercare_bit@yahoo.com

Culinary

Pempek EK DEMPO 103 at Palembang

PEMPEK "EK" DEMPO 103

" Oleh-oleh apa yang kita cari, setelah sampai palembang ? Ya pastinya pempek yg terbuat dari ikan 100% belida Asli " yummy… Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Objek kuliner kita kali ini adalah rumah makan PEMPEK " EK" DEMPO 103 Pada tahun 1982 s/d 2015. Pada tahun 1982 s/d 2015 seorang warga asli Palembang, yaitu Bpk. Rudi / EK memulai usaha menjual pempek. Karena kegigihan dan keahliannya dalam mengolah kudapan khas Palembang, kini usaha yang dia tekunin sendiri sudah mencapai 30 tahun. Bila sudah mampir ke rumah makan PEMPEK "EK" DEMPO 103 rasanya wajib mencoba beberapa menu andalannya karena Pempek 'EK' DEMPO 103 terbuat dari adonan ikan Belida 100% asli tanpa dicampur dengan ikan lain, ikan yg diolah dan dibuat pempek tersebut didapat nya oleh seorang pengusaha ikan belida asli Palembang, berikut menu andalannya :
 
• Tekwan
Pernah lihat model tekwan Siram seperti ini ? Sebagai informasi tekwan merupakan hidangan kuah khas kota Palembang yang dibuat dari sagu dan ikan Belida. Biasanya tekwan juga dilengkapi dengan bengkuang, bihun, irisan daun bawang, daun seledri, juga daun bawang, sedap malam & udang.
 
• Telor Besar
Pempek telor besar sangat cantik dengan sajian bihun, dan timun disiram dengan kuah cuka yang manis & pedas. Terbuat dari ikan belida asli. Sungguh tak sabar ingin mencicipi & menikmati nya.. yummy.
 
• Pempek Kulit Ikan Belida
Satu lagi varian pempek yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, yup..pempek kulit. Dari namanya maka tentu saja pempek ini menggunakan kulit ikan. Biasanya untuk pempek yang lain kan menggunakan dagingnya saja, sehingga berwarna putih. Nah ciri khas pempek kulit ini ya berwarna kehitaman. Selain itu pempek ini tidak direbus dulu, tetapi langsung digoreng seperti halnya pempek adaan.
 
• Pempek Campur
Sudah tidak asing lagi untuk pempek campur yang terdiri dari, pempek lenjer, telor, adaan kulit, tahu.. begitu banyak bentuk & rasa yang cukup menggoda bila pempek campur ini, dihidangkan & disajikan dengan Cuko manis & pedas.. rasanya sangat buat lidah goyang tak tertahankan..
Pempek EK DEMPO 103  
Jln. Lingkaran I no. 60/357  
Rp 6,000.00 - Rp 60,000.00  
07:00 s.d 19:00 WIB  
Thank you for visiting MIYAKO website and we hope you will enjoy it.
We also encourage you to join MIYAKO Indonesia Facebook community.

Please click the "Like" button below to stay updated with all our activities.
click here to allow MIYAKO get your basic information